Rabu, 25 Juni 2014

Marhaban Ya Ramadhan

Assalamualaikum wr. wb  Akhi dan Ukhti
Alhamdulillah Ramadhan datang lagi lhoooo…

Sesungguhnya bulan suci ramadhan ini mengandung berbagai pelajaran & hikmah yang cukup banyak lhoo. Dalam tulisan yang ala kadarnya ini, ana mencoba untuk menampilkan sebagian pelajaran & hikmah bulan suci ramadhan bagi para pembaca yang budiman, dengan harapan semoga Allah swt memberkati kehidupan kita dari waktu ke waktu yang kita lalui, sehingga kita menjadi semakin baik & lebih bertakwa kepada Allah swt Subhanahu wa Ta’ala.
Perjalanan waktu terus berlangsung. Tanpa terasa sekian ramadhan telah dilewati. Namun apa hasil yang sudah kita raih untuk kebaikan agama & akherat kita.? Sudahkah bulan suci ramadhan mampu meningkatkan kualitas ketakwaan kita kepada Allah swt. ? Atau masihkah tingkah laku kita sama dengan masa sebelumnya bahkan malah lebih parah.? Akan sangat disayangkan bahkan merupakan kesalahan yang besar bila seseorang yang berpuasa mau menahan diri dari hawa nafsu & syahwat hanya  dalam bulan suci ramadhan dan ngga lebih dari bulan itu.
Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh kemuliaan dan keberkahan, padanya dilipatgandakan amal-amal kebaikan, disyariatkan amal-amal ibadah yang agung, di buka pintu-pintu surga dan di tutup pintu-pintu neraka.  (HSR al-Bukhari (no. 3103) dan Muslim (no. 1079).).  Berpuasa juga dapat sebagai  tameng yang membentengi kita dari amukan api neraka. Bagaimana tidak? Dengan berpuasa, kita telah menutup pintu-pintu syaithan yang berada dlm tubuh kita. Maksudnya, Allah swt menjadikan bulan Ramadhan bulan yang penuh dengan barakah dan kebaikan. Siapa saja yang mau berbuat baik, Allah swt akan membantunya karena suasana dan kondisi sangat mendukung untuk itu. para setan diikat oleh Allah swt, sehingga tidak bisa bebas untuk mengganggu umat Islam yang sedang melakukan berbagai macam ibadah pada bulan Ramadhan. Oleh karenanya, kita melihat kemaksiatan-kemaksiatan yang terjadi di luar bulan Ramadhan menyusut drastis pada bulan Ramadhan. Wallahu A'lam. Oleh karena itu, pada bulan ini merupakan kesempatan berharga yang ditunggu-tunggu oleh orang-orang yang beriman kepada Allah swt  dan ingin meraih ridha-Nya.
Pada bulan ini umat islam menyambutnya dengan hati gembira dan banyak melakukan persiapan diri pastinya, persiapan yang dimaksud di sini adalah mempersiapkan diri lahir dan batin untuk melaksanakan ibadah puasa dan ibadah-ibadah agung  lainnya di bulan Ramadhan dengan sebaik-sebaiknya.
Pada bulan Ramadhan ini, umat Islam umumnya lebih bersemangat membaca serta merenungkan isi Al Qur’an Al Karim. Tapi jangan waktu bulan Ramadhan saja membaca Al Qur’an selebihnya tidak, itu pemikiran yang salah ya, karena membaca Al Qur’an itu suatu kewajiban.
Kewajiban puasa juga terdapat dari sebuah ayat yang sering dibacakan, dikumandangkan, bahkan dihafal oleh kaum muslimin, yang sering kita denger di masjid-masjid kalo ada kultum tu lhoo, yaitu surat Al Baqarah ayat 183, yang membahas tentang ibadah puasa. Ayat yang mulia tersebut berbunyi: 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertakwa” (QS. Al Baqarah: 183)
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَى وَالْفُرْقَانِ
Bulan Ramadhan adalah bulan bulan diturunkannya Al Qur’an. Al Quran adalah petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)” (QS. Al Baqarah: 185)

Manfaat lain dari bulan Ramadhan adalah pada bulan Ramadhan dapat mengajarkan kita  sebagai seorang manusia untuk peduli terhadap orang lain yang lemah. Berpuasa mengingatkan kita betapa sedihnya nasib orang-orang yang tidak berpunya dan serba kekurangan. Sehingga kita peduli untuk membantu saudara-saudara kita, Selain itu bulan Ramadhan juga mengajarkan kepada kita akan pentingnya rasa syukur atas nikmat-nikmat Allah swt yang diberikan kepada kita. Sedangkan manfaat puasa ditinjau dari segi kesehatan adalah membersihkan usus-usus, memperbaiki kerja pencernaan, membersihkan tubuh dari sisa-sisa dan endapan makanan, mengurangi kegemukan dan kelebihan lemak diperut. Dalam keadaan puasa juga dapat meningkatkan system kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan saat puasa terjadi peningkatan limfosit hingga sepuluh kali lipat. Dan masih banyak sekali hikmah puasa dibulan Ramadhan. Mari kita tingkatkan iman kita sehingga kita dapat memperoleh Ridha dari Allah swt.
Apabila bertakwa kepada Allah swt menjadi tujuan yang utama dalam melaksanakan puasa ramadhan  berarti pemenangnya adalah orang yang berhasil meningkatkan mutu ketakwaannya selepas bulan yang suci ini. Marilah kita menghilangkan dari benak kita asumsi bahwa ramadhan hanya sekadar seremonial ritual agama yang di gelar karena adat istiadat umat islam. Dan marilah kita menjadikan ramadhan sebagai pendidikan spiritual yang mampu membentuk kita sebagai manusia-manusia berkualitas di mata Allah swt Subhanahu wa Ta’ala.

Semoga bermanfaat
Jaga iman, Jaga Hati, Jaga aurat, Jaga Pandangan dan tetap Istiqomah.
Wassalamualaikum wr.wb

1 komentar:

Anonim mengatakan...

asik nih blog baruuu